Sunday, March 9, 2008

POLISI AUSTRALIA DIMINTA SERIUS TANGANI KASUS PEMUKULAN PELAJAR RI

Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di KBRI Canberra, Dr.R.Agus Sartono,MBA, meminta kasus pemukulan pelajar Indonesia, Airlangga Utama, oleh pemuda mabuk di Adelaide Minggu pagi ditangani serius oleh aparat kepolisian Australia Selatan.

Penanganan serius terhadap kasus ini penting karena, jika tidak, insiden ini bisa merusak citra negara bagian itu sebagai salah satu daerah tujuan pelajar dan mahasiswa Indonesia serta mancanegara, katanya kepada ANTARA yang menghubunginya dari Brisbane, Senin.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Konjen Sydney karena Adelaide masuk wilayah kerja KJRI Sydney. Mudah-mudahan kasus ini ditangani dengan serius oleh Polisi Adelaide. Karena kalau tidak justru akan merugikan Adelaide dan Australia Selatan sendiri," katanya.

Agus Sartono mengatakan, jika kasus tindak kekerasan ini tidak ditangani secara tuntas, para pelajar dan mahasiswa maupun orang tua mereka di Indonesia bisa saja berpandangan bahwa Adelaide dan Australia Selatan tidak kondusif untuk sekolah.

"Kalau image (citra) tersebut berkembang maka universitas di 'South Australia' (Australia Selatan) justru akan kehilangan kesempatan mendapatkan mahasiswa asing. Jadi saya harap bukan hanya Polisi tetapi seluruh komunitas di South Australia harus menciptakan kondisi yang aman," katanya.

Aksi kekerasan yang menimpa pelajar Indonesia yang sedang mengikuti pendidikan persiapan ke universitas itu terjadi Minggu pagi sekitar pukul 5.45 waktu setempat.

Sekretaris I/Konsul Bidang Kekonsuleran KJRI Sydney, Edy Wardoyo, mengatakan, kasus pemukulan terhadap Airlangga Utama sepulang dari pub bersama tiga rekannya itu sangat disayangkan.

Namun polisi setempat sudah menangkap pelaku pemukulan dan sedang menangani kasusnya.

"Senin pagi ini, langkah kita (KJRI Sydney) adalah mengirim surat ke polisi Adelaide untuk meminta perhatian mereka terhadap kasus pemukulan yang menimpa pelajar kita yang masih mengikuti pendidikan persiapan masuk ke universitas ini. Terlebih lagi dia harus dirawat di rumah sakit," katanya.

Edy Wardoyo mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari pelajar Indonesia di Adelaide, Airlangga Utama dipukul pelaku dengan siku di bagian wajah sehingga hidung dan rahang patah. Akibatnya, dia dilarikan ke unit gawat darurat (ICU) dan menjalani operasi pelastik.

"Untungnya bagian leher aman dan dia tidak mengalami geger otak. Sekarang ini, Airlangga sudah dipindahkan ke ruang perawatan khusus. Kasus pemukulan oleh pemuda mabuk ini adalah hal yang biasa dan bisa menimpa siapa saja di Australia," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh warga negara Indonesia di mana pun, khususnya di Australia Selatan, Queensland, dan New South Wales, sebagai tiga wilayah kerja KJRI Sydney, agar meningkatkan kewaspadaan mereka saat berpapasan dengan para pemabuk di Australia.

"Siapa pun warga Indonesia diminta berhati-hati saat berpapasan dengan kelompok anak muda mabuk di Australia karena saat mabuk mereka biasanya punya 'self-confidence' (rasa percaya diri) yang tinggi ... Tapi saya tidak melihat kasus ini sebagai tindakan penganiayaan yang direncanakan melainkan satu kejadian yang bisa menimpa siapa saja," katanya.

Imbauan perlunya meningkatkan kewaspadaan juga disampaikan Ketua Umum PPIA, Duddy Abdullah. Mahasiswa Universitas Melbourne ini meminta kalangan pelajar dan mahasiswa Indonesia di seluruh Australia agar menghindari sekelompok pemuda mabuk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kasus pemukulan pelajar kita ini tidak hanya sudah diketahui pihak KJRI Sydney tapi juga sudah diketahui bagian kekonsuleran KBRI Canberra," katanya.

Kronologis kejadian
Sementara itu, terkait dengan kronologis kejadian, Febriyan Hidayat, saksi mata yang ada bersama Airlangga pada saat pemukulan terjadi, menjelaskan, insiden terjadi pada Minggu pagi sekitar 5.45 waktu setempat di jalan Hindley depan Hotel Rockford ketika dia, Airlangga, Oscar dan Rian hendak menuju halaman parkir mobil di Jalan Rose.

"Saat lagi melintasi Jalan Hindley, kami melihat sekelompok anak muda, jumlahnya sekitar tujuh sampai sembilan orang yang kelihatan lagi mabuk. Kami menyadari mereka tampaknya ingin mencari-cari keributan. Saya berjalan bersebelahan dengan Oscar di sebelah kiri trotoar jalan, sedangkan Airlangga dan Rian berjalan di belakang saya," kata Febriyan.

Oscar yang kebetulan mengenal salah seorang dalam kelompok anak muda mabuk itu mencoba mendekatinya dengan harapan mereka mengurungkan niat untuk berbuat onar. Tapi salah seorang pemuda itu justru mencoba memukul Oscar.

"Untungnya temannya Oscar itu menahan rekannya supaya tidak memukul Oscar dengan berkata "Don't hit him guys, I know him, he always playing Bongo (Brazilian drum) at Rundle Mall and Rundle st' (Jangan pukul dia. Saya kenal sama dia karena dia sering main Bongo (drum Brazil) di Mal Rundle dan di Jalan Rundle," kata Febriyan.

Namun provokasi terhadap mereka, kata Febriyan, terus dilakukan oleh anak-anak muda Australia mabuk ini dengan cara mendekati dan menyenggolkan bahu keras-keras ke dirinya dan diri Rian namun mereka berhasil menghindar.

"Pada saat yang sama, seorang lainnya justru berdiri dan langsung memukul muka Airlangga dengan siku kanan. Airlangga yang tidak menyadari situasi (datangnya serangan mendadak-red.) itu tidak bisa menghindar dan tersungkur. Wajahnya menghantam aspal jalan," katanya.

Tak puas hanya bisa memukul satu orang, pemuda yang memukul Airlangga ini juga mencoba memprovokasi dan mengancam akan memukul dirinya, Oscar dan Rian sedangkan rekan-rekan pemuda mabuk itu hanya tertawa-tawa menyaksikan kejadian itu, kata Febriyan.

Anak-anak muda Australia yang mabuk itu kemudian mengeluarkan kata-kata rasis terhadap mereka yang mereka sebut "orang-orang Asia" namun untungnya tak lama kemudian, ada tiga orang lain yang kebetulan melintas di jalan itu. Mereka berhenti dan mencoba menolong mereka, katanya.

Ia dan Oscar segera menelepon ambulan dan aparat kepolisian setempat.

"Sekitar lima atau 10 menit kemudian, polisi datang bersama mobil ambulan. Petugas para medis segera memberikan pertolongan, sedangkan polisi menanyakan kami tentang apa yang terjadi," katanya.

Polisi meminta mereka merinci peristiwa pemukulan itu, meminta identitas nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut. Tak lama berselang, aparat kepolisian tiba bersama orang yang memukul Airlangga, kata Febriyan.

Sebelumnya pada Oktober 2007, Ketua Ranting PPIA di Universitas Victoria, Andi Syafrani, juga pernah mengalami tindak kekerasan saat dua pemuda dan seorang pemudi Australia merampok dirinya di halaman parkir Stasiun Kereta Footscray, Melbourne, negara bagian Victoria.

*) my news for ANTARA on March 10, 2008

No comments:

About Me

My photo
Brisbane, Queensland, Australia
Hi, I am a journalist of ANTARA, Indonesia's national news agency whose headquarters is in Jakarta. My fate has brought me back to Australia since March 2007 because my office assigns me to be the ANTARA correspondent there. My first visit to the neighboring country was in 2004 when I did my masters at the School of Journalism and Communication, the University of Queensland (UQ), Brisbane, under the Australian Development Scholarship (ADS) scheme. However, the phase of my life was started from a small town in North Sumatra Province, called Pangkalan Brandan. In that coastal town, I was born and grown up. Having completed my senior high school there in 1987, I moved to Medan to pursue my study at the University of North Sumatra (USU) and obtained my Sarjana (BA) degree in English literature in 1992. My Master of Journalism (MJ) was completed at UQ in July 2005. The final research project report for my MJ degree was entitled "Framing the Australian Embassy Bombing (Jakarta) in Indonesian and Australian Newspapers". Further details about me can be read in a writing posted in my blog entitled "My Life Journey".

Blog Archive

NeoPod

NeoCounter

The Value of Creativity

The Value of Creativity