Friday, April 17, 2009

PENUTUPAN GARUDA DI DARWIN KONTRAPRODUKTIF BAGI PARIWISATA RI

Direktur Promosi Luar Negeri Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) I Gde Pitana, menyayangkan keputusan manajemen Garuda menutup rute penerbangan Darwin-Denpasar karena kontra-produktif bagi upaya gencar Indonesia menarik kunjungan 480 ribu turis Australia tahun ini.

"Sangat disayangkan jika memang ada keputusan penutupan itu karena kita sedang gencar menggarap pasar Australia," katanya saat ditemui di sela acara misi penjualan (sales mission) pariwisata Indonesia bertajuk "Bali and Beyond" di Hotel Hilton Brisbane, Kamis malam (16/4).

Keputusan manajemen Garuda Indonesia di Jakarta itu bertolak-belakang dengan semangat besar dua maskapai penerbangan Australia dalam menambah frekuensi penerbangan langsung mereka ke Denpasar, Bali, dari berbagai kota utama di negara itu karena tuntutan pasar yang besar, katanya.

Menurut Pitana, sebaiknya manajemen Garuda tidak langsung menutup tetapi mengurangi frekuensi penerbangan Darwin-Denpasar karena faktor aksesabilitas dan komponen penerbangan yang "sangat tinggi" dalam pengeluaran setiap turis asing yang berkunjung merupakan dua hal yang sepatutnya dilihat.

Perihal keputusan penghentian operasi Garuda Indonesia di Darwin mulai 22 April itu sebelumnya telah mengundang keprihatinan warga Indonesia, pejabat negara bagian Northern Territory (NT), dan Konsul RI Darwin, Harbangan Napitupulu.

"Terus terang, banyak warga kita yang kecewa dengan keputusan (manajemen) Garuda menghentikan penerbangan langsung Darwin-Denpasar ini. Menurut saya, sepatutnya rute penerbangan Garuda ini jangan ditutup tetapi dikurangi dari tiga kali menjadi dua kali seminggu seperti kondisi sebelum Mei 2008," katanya.

Reaksi terkejut atas keputusan mendadak manajemen Garuda Indonesia di Jakarta menutup rute Darwin-Denpasar itu juga datang dari pejabat pemerintah negara bagian Northern Territory (NT) karena kehadiran Garuda sejak 1980 di Darwin berdampak positif terhadap penguatan hubungan Indonesia-NT, kata Harbangan.

Alasan normatif penghentian operasi maskapai penerbangan nasional yang membawa simbol kenegaraan RI dari Australia Utara itu adalah "kelesuan ekonomi" walaupun maskapai penerbangan murah Australia, Jet Star dan Virgin Blue, justru menambah frekuensi penerbangannya ke Denpasar, Bali, dari kota-kota utama negara itu.

Kelebihan kapasitas

Faktor lain yang memengaruhi daya saing Garuda adalah adanya kelebihan kapasitas karena maskapai penerbangan murah, Jet Star, menggunakan pesawat A-320 berkapasitas 177 tempat duduk untuk melayani rute penerbangan Darwin-Denpasar PP setiap hari.

Dua tahun lalu, rute penerbangan Darwin-Denpasar ini hanya diterbangi dua kali seminggu oleh Garuda Indonesia dan dua kali seminggu oleh maskapai penerbangan nasional Australia, Qantas, dengan pesawat berkapasitas 132 tempat duduk (Garuda) dan 147 tempat duduk (Qantas).

Sejak setahun lalu, Qantas menghentikan rute penerbangannya ke Denpasar. Kekosongan Qantas ini kemudian diisi oleh maskapai penerbangan regional, Airnorth, dengan pesawat berkapasitas 75 tempat duduk.

Sebelum tutup, Airnorth melayani rute penerbangan Darwin-Denpasar tiga kali seminggu atau sama seperti Garuda. Kondisi "over capacity" (kelebihan kapasitas) yang kini terjadi di Darwin ini menuntut pihak regulator agar meninjau dan melakukan pengaturan kembali.

Dilihat dari kinerja Garuda Indonesia di Darwin, disebutkan bahwa pada 2007-2008, kantor Garuda di ibukota negara bagian Northern Territory itu justru memberikan kontribusi laba bagi perusahaan.

Berkaitan dengan tanggungjawab Garuda Indonesia di Darwin terhadap para calon penumpang yang sudah membeli tiket, disebutkan bahwa mereka akan diberikan "full refund" (pengembalian harga tiket penuh) atau tetap melanjutkan penerbangannya ke Denpasar, Bali, dengan maskapai penerbangan lain atas biaya Garuda.

Sejak Juni 2008 hingga sebelum ada keputusan penutupan, Garuda melayani tiga kali penerbangan Darwin-Denpasar per-minggu dengan pesawat Boeing 737-400 berkapasitas 16 kursi kelas bisnis dan 117 kursi kelas ekonomi, yakni setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Pesawat itu berangkat dari Denpasar pada pukul 01.20 dinihari dan tiba di Darwin pada pukul 05.20 pagi (waktu Darwin). Kemudian pesawat yang sama kembali terbang ke Denpasar dari Bandar Udara Internasional Darwin pada pukul 07.30 waktu setempat.

Dengan adanya keputusan Garuda menutup operasinya di Darwin itu berarti sudah dua kota utama Australia yang tidak lagi diterbangi maskapai penerbangan milik negera itu setelah Brisbane sejak awal 2007.

Keputusan manajemen Garuda menutup kantornya di Darwin itu dibuat ketika Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI menargetkan kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia sebanyak 480 ribu orang pada 2009.

*) My news for ANTARA on April 17, 2009

No comments:

About Me

My photo
Brisbane, Queensland, Australia
Hi, I am a journalist of ANTARA, Indonesia's national news agency whose headquarters is in Jakarta. My fate has brought me back to Australia since March 2007 because my office assigns me to be the ANTARA correspondent there. My first visit to the neighboring country was in 2004 when I did my masters at the School of Journalism and Communication, the University of Queensland (UQ), Brisbane, under the Australian Development Scholarship (ADS) scheme. However, the phase of my life was started from a small town in North Sumatra Province, called Pangkalan Brandan. In that coastal town, I was born and grown up. Having completed my senior high school there in 1987, I moved to Medan to pursue my study at the University of North Sumatra (USU) and obtained my Sarjana (BA) degree in English literature in 1992. My Master of Journalism (MJ) was completed at UQ in July 2005. The final research project report for my MJ degree was entitled "Framing the Australian Embassy Bombing (Jakarta) in Indonesian and Australian Newspapers". Further details about me can be read in a writing posted in my blog entitled "My Life Journey".

Blog Archive

NeoPod

NeoCounter

The Value of Creativity

The Value of Creativity